Tidak Perlu ke Bank, Nasabah Bisa Manfaatkan Layanan Cash Pick Up untuk Setor Tabungan

Karyawan BPR Mitratama Arthabuana sedang memasarkan produk Cash Pick Up kepada calon nasabah

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Pebisnis bubur khas banjar delapan Rasa, Susi Handayani kini tidak lagi repot jika ingin menyetorkan uang tabungan ke perbankan.

Sejak setahun lalu, diungkapkannya, karyawan BPR Mitratama Athabuana mengambil setoran tabungan setiap hari di warung buburnya yang bertempat di Jalan Dharmawangsa, Beruntung Jaya, Banjarmasin.

“Awalnya karyawan BPR Mitratama Arthabuana membeli bubur di warung saya, sekaligus menawarkan program tabungan itu. Syarat awalnya menggunakan KTP, dengan setoran awal minimal Rp 10.000,” jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (27/6/2019).

Setiap hari, Susi menyetorkan uang hasil usaha buburnya dengan kisaran nominal Rp 10.000-25.000. Tidak ada batasan nominal yang ingin disetorkan, diakuinya sebagai nasabah bisa menarik tunai uang tabungan kapanpun, pihak BPR Mitratama Arthabuanakemudian akan mengantarkan uang tersebut.

“Biasanya saya tarik uangnya untuk keperluan selama bulan Ramadan, dibelikan sembako buat karyawan-karyawan di warung bubur dan untuk warung-warung yang saya titipi bubur, serta untuk keperluan acara Maulid Habsy dan ziarah,” kata dia.

Dari program menabung tersebut, Susi mendapatkan buku tabungan yang dikelola oleh pihak BPR Mitratama Arthabuana. Setiap transaksi setoran, dia mendapatkan bukti setor dan informasi terkait saldo yang telah dikumpulkan.

Program menabung tersebut ialah program cash pick up. Dijelaskan Senior Funding Officer PT BPR Mitratama Arthabuana, Reny Yuniarti, program ini sudah berjalan sejak setahun lalu.

“Tepatnya pada Januari 2018, kami datang ke rumah-rumah, warung-warung, dan pasar istilahnya jemput bola, menawarkan tabungan yang mana setorannya kami datangi ke rumah atau tempat dimana nasabah sedang beraktivitas,” jelasnya.

Jumlah setoran minimal Rp 10.000 dan maksimal tidak terbatas, ditambahkannya, setiap karyawan BPR memiliki area masing-masing untuk memasarkan produk Cash Pick Up. Sedangkan dia sendiri memasarkan di kawasan Jalan A Yani Km 5,5 hingga Km 11.

Karyawan BPR Mitratama Arthabuana sedang memasarkan produk Cash Pick Up kepada calon nasabah

“Kami juga melayani pembiayaan pembelian mobil, pembiayaan mikro, pembiayaan konsumtif, tabungan, dan deposito. Tidak ada biaya administrasi dan suku bunga kompetitif,” tukasnya.