Jelang Lebaran, Bank Mitra Selektif Salurkan Kredit

Banjarmasin, Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Mitra mulai selektif menyalurkan kredit. Pasalnya, Bank Mitra khawatir kredit yang diberikan justru digunakan untuk kebutuhan konsumtif.

Kendati membatasi, Bank Mitra tetap optimis penyaluran kredit pasca Lebaran bisa lebih meningkat dengan laba yang diproyeksikan naik hingga 30 persen. Hal itu berkaca dari tahun lalu dimana laba yang mereka peroleh meningkat 25 persen.

Dalam silaturahmi dan buka puasa bersama seluruh karyawan Bank Mitra baik di pusat hingga kantor cabang, Direktur Utama Bank Mitra mengaku pihaknya mewaspadai permintaan kredit di minggu-minggu terakhir menjelang Idul Fitri. Pasalnya, permintaan kredit produktif sudah terjadi sebulan sebelum Ramadhan, yang kebanyakan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM.

“Kita juga lagi hati-hati kalau Lebaran kita terlalu gencar pembiayaan atau pelepasan dan penyaluran kredit. Takutnya nanti konsumtif karena untuk Lebaran biasanya untuk sembako pedagang di pasar satu bulan sebelum mereka ready stoknya bukan pas saat puasa, jadi bila saat puasa ada permintaan kita agak khawatir takutnya dipakai konsumtif untuk Lebaran,” kata Yana Saptyana, Direktur Utama Bank Mitra.

Bank Mitra Santuni Anak Yatim

Sementara itu, dalam buka puasa bersama, Bank Mitra memberikan santunan kepada anak yatim dari salah satu panti asuhan di Banjarmasin. Kegiatan ini sebagai bentuk syukur dimana Bank Mitra sebagai salah satu bank prekreditan rakyat di Banua bisa terus berkembang, dan bahkan menjadi satu-satunya BPR yang bakal memiliki aplikasi mobile banking.

 “Alhamdulillah hari ini Bank Mitra menyelenggarakan buka bersama dengan seluruh karyawan komisaris direksi dan ditambah dengan 15 orang dari yatim piatu. Mudah-mudahan acara ini bisa terus kita selenggarakan dan kita dapat berkah dan ini adalah acara buka bersama yang paling banyak karena semua kantor ada disini. Ini juga konsolidasi triwulan pertama karena sudah akhir Maret jadi kita akan evaluasi kinerja kita dalam 3 bulan pertama menuju triwulan kedua, tiga, dan empat,” tambah Yana Saptyana.

Bank Mitra terus mengoptimalkan waktu operasional menjelang libur Lebaran dan cuti bersama untuk pelayanan kepada nasabah, termasuk penukaran uang pecahan baru di kantor pusat dan cabang-cabang yang ada di kabupaten kota. Saat ini Bank Mitra menyebut total angka penukaran uang sudah mencapai satu milyar rupiah.

Reporter: Evi Dwi Herliyanti

Source : Jelang Lebaran, Bank Mitra Selektif Salurkan Kredit (dutatv.com)