Setelah di Martapura dan Batulicin, Bank Mitra Bakal Ekspansi ke Daerah ini

DIREKTUR Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (OJK), Mulyadi (kanan) menyerahkan sertifikat Bank Mitra Kantor Cabang Martapura kepada Dirut Bank Mitra Yana Saptyana, Rabu (2/10). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA – Manajemen PT Bank Perkreditan Rakyat Mitratama Arthabuana (Bank Mitra) terus mengepakkan sayap usahanya.

Setelah meresmikan dua kantor cabang, mereka akan kembali membuka kantor cabang di beberapa daerah lainnya di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dua kantor cabang yang lebih dulu diresmikan yakni Kantor Cabang Batulicin di Kabupaten Tanahbumbu (Tanbu) yang diresmikan sekitar dua bulan lalu.

Kemudian, pada Rabu (02/10/2019), giliran Kantor Cabang Martapura yang diresmikan.

Peresmian Kantor Cabang Martapura yang beralamat di Jalan A Yani Kilometer 39, Martapura, Kabupaten Banjar, berlangsung meriah.

Hadir jajaran petinggi Bank Mitra mulai dari direksi beserta karyawan, komisaris, pemegang saham, dan CEO Mitra Group (Fredick Fandi Susanto, Feilani tanzil, Adi Iedrawan, Wiranata Halim).

Sementara itu dari Pemkab Banjar dihadiri Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan I Gusti Nyoman Yudiana didampingi Kabag Ekonomi Rina Yulianti.

Hadir pula Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mulyadi.

Direktur Utama Bank Mitra Yana Saptyana mengatakan pihaknya telah melakukan feasibility study di beberaoa daerah di Kalsel.

“Ada empat daerah yang cukup potensial yakni di Tanjung (Tabalong), Pelaihari (Tanahlaut), Rantau (Tapin), dan Marabahan (Baritokuala),” sebutnya.

Yana menuturkan meski Kantor Cabang Martapura baru diresmikan tanggal 2 Oktober, namun telah cukup lama hadir di Kota Martapura yakni sejak 22 Oktober 2014 silam.

Hanya saja sebelumnya berstatus Kantor Kas.

“Jadi, Kantor Cabang Martapura ini ekspansi pertama kami di luar kantor pusat di Kertakhanyar,” sebutnya.

Pihaknya optimistis kehadiran Bank Mitra di Martapura yang kini resmi berstatus Kantor Cabang bakal kian eksis dan makin luas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Banjar dan sekitarnya.

Dikatakannya, saat ini ada lima kota di Kalsel yang sangat prospektif yakni Banjarmasin, Martapura, Banjarbaru, Tanjung, dan Batulicin.

Detak perekonomian dan APBD kelima daerah tersebut cukup besar sehingga lembaga keuangan ramai-ramai

Karena itu pula Bank Mitra pun turut hadir.

Walau Bank Mitra baru sekitar lima tahun hadir di Martapura, sebut Yana, namun lumayan besar dana segar (pembiayaan) yang telah digelontorkan kepada masyarakat.

Nilainya tak kurang Rp 23 miliar dengan jumlah nasabah sedikitnya ratusan orang, di luar debitur.

Respons masyarakat Martapura cukup bagus.

“Sudah cukup banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang menjadi nasabah kami seperti kalangan pedagang di Pasar Batuah Martapura. Kami memang terus berupaya hadir untuk membantu mereka untuk tumbuhkembang bersama,” tandasnya.

Lebih lanjut ia meyakini kehadiran dua kantor cabang Bank Mitra yakni di Batulicin dan Martapura juga mampu meningkakan tingkat literasi dan edukasi masyarakat di Kalsel.

Apalagi kedua daerah itu memiliki wilayah yang luas dengan kantong-kantong ekonomi yang terus bertumbuh.

Banjar misalnya, mulai dari wilayah Kertakhanyar hingga Astambul, termasuk arah ke Pelaihari, semuanya merupakan kantong-kantong ekonomi yang potensial.

“Dengan 60 orang karyawan dan dua kantor cabang yang ada saat ini, kami yakin akan kian eksis dan menjadi yang BPR terdepan,” ucap Yana.

Ketika sebagian orang menyebut saat ini ekonomi sedang lesu, namun bagi pihaknya hal itu justru sebuah challenge.

Ia lantas menyebut momen krisis 1998 ketika banyak pengusaha yang rontok, tapi faktanya di sisi lain juga banyak yang makin eksis.

“Jadi, krisis itu bukan ancaman tapi bagi kami hal itu adalah peluang. Misi kami ingin meningkatkan perekonomian di Kalsel, baik stakeholder maupun shareholder,” pungkas Yana.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Source : Artikel ini telah tayang di BanjarmasinPost.co.id dengan judul Setelah di Martapura dan Batulicin, Bank Mitra Bakal Ekspansi ke Daerah ini, https://banjarmasin.tribunnews.com/2019/10/02/setelah-di-martapura-dan-batulicin-bank-mitra-bakal-ekspansi-ke-daerah-ini?page=2.
Penulis: Idda Royani | Editor: Eka Dinayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *